Teknik Closing Yang Ampuh Meningkatkan Penjualan
Seberapa penting teknik closing ?

Mungkin pertanyaan ini yang sekarang ada di pikiran anda.

Sebenarnya seberapa penting teknik closing itu.

Penting banget.

Anda akan merasakan perbedaannya setelah anda menerapkan teknik closing. Penjualan akan meningkat dan customer anda akan semakin banyak.

Itulah tujuan closing.


Meningkatkan konversi penjualan dari promosi yang anda lakukan.
Jika sebelumnya anda menawarkan produk ke 100 orang dan hanya closing (terjual) ke 10 orang.
Maka dengan teknik closing paling tidak anda bisa menjual ke 80 orang dari 100 orang yang anda tawari produk.
Hebat kan.
 Mengapa orang lain harus beli produk anda
Salah satu cara ampuh agar orang mau membeli produk anda adalah dengan memberi kelebihan.

Buat produk anda serba lebih dari produk lain yang sejenis.

Misalnya lebih murah, lebih cepat pengirimannya, lebih mudah digunakan, lebih tahan lama, lebih variatif, dan kelebihan-kelebihan lainnya.

Jika produk anda punya kelebihan maka orang lain akan punya alasan kuat untuk memilih beli produk dari anda.

 Apa alasan mereka harus beli sekarang
Sekali melakukan penawaran langsung closing, itu pasti menyenangkan.

Tapi masalahnya tidak semua penawaran kita akan berakhir dengan adanya penjualan.

Terkadang ada beberapa orang yang menunda melakukan pembelian. Alasannya beragam, mulai dari belum ada uang, masih ragu dengan produknya, tidak percaya dengan penjualnya, dan alasan lainnya.

Nah, tugas anda adalah meyakinkan dan membuat mereka langsung melakukan pembelian sekarang juga.

Bagaimana caranya ?

Terapkan strategi penawaran terbatas.

Misalnya :

Besok harga naik
Promo hanya berlaku hari ini
Diskon dan bonus khusus hari ini
Stok terbatas, besok belum tentu ada
Esklusif untuk hari ini saja
…dan (pikirkan sendiri).

 Apa yang membuat mereka percaya dengan anda
Orang beli karena mereka percaya dengan penjual dan produknya.

Dengan adanya kepercayaan maka closing akan dengan mudah terjadi, penjualan meningkat dan omzet pun akan naik.

Sekarang tugas anda adalah membuat orang lain percaya dengan anda dan juga produk yang anda jual.

Untuk meningkatkan kepercayaan terhadap produk yang anda jual, cara ini bisa anda terapkan :

Testimoni
Bukti
Produk yang tersertifikasi
Rekomendasi orang lain
Endorsment
Sedangkan untuk meningkatkan kepercayaan terhadap penjualnya, bisa memakai cara berikut :

Jalin kedekatan
Fast respon
Beri sampel gratis
Bagian tips
Rekomendasi
Ketiga pertanyaan diatas akan memudahkan anda dalam melakukan closing. Jadi pastikan produk anda punya ketiga-tiganya.

Beri Testimoni Yang Meyakinkan


Orang cenderung akan percaya jika ada buktinya. Tanpa bukti, anda akan sulit meyakinkan orang untuk membeli produk anda.

Dalam jualan, bukti yang bagus adalah testimoni dan rekomendasi orang lain.

Kedua hal ini harus anda miliki.

Jadi saat melakukan closing, anda bisa menunjukan bukti ini agar orang tersebut yakin untuk membeli produk dari anda.

Contoh kasus :

Misalnya anda punya produk diet. Saat anda melakukan penawaran ternyata ada seorang ibu yang ragu dengan produk anda.

Untuk menghilangkan keraguan itu anda bisa memberikan testimoni berupa pengalaman dan diikuti dengan bukti.

“Oh iya bu, sebelumnya juga ada customer, dia ibu rumah tangga. Awalnya juga ragu seperti ibu, tapi setelah saya yakinkan untuk memakai produk saya akhirnya berat badan beliau turun dari yang awalnya 65 kg jadi 46 kg dalam waktu 1 bulan.

Bahkan sekarang sudah memesan lagi untuk paket yang kedua. Ini loh bu foto beliau sebelum dan sesudah memakai produk saya, beda banget kan, sekarang tambah cantik.

Ibu pasti juga mau punya tubuh seperti ini.”

Beri Banyak Keuntungan


Apa sih yang orang dapat setelah memberi produk anda ?

Kemudahan, keuntungan, atau justru kerugian.

Saya yakin semua customer mau dapat kemudahan dan keuntungan saat membeli produk.

Karena itu anda harus pandai-pandai menawarkan kemudahan dan keuntungan agar  mereka mau membeli produk dari anda.

Contoh kasus :

Misalnya anda punya produk masker wajah. Nah tugas kita adalah menawarkan kemudahan dari produk yang anda jual.

“Produk kami ini berbeda dengan yang lain sist, jauh lebih mudah digunakan dan efeknya juga lebih cepat.

Sista tidak perlu repot-repot menambahkan air ke masker ini, karena masker ini sudah instan, tinggal pakai aja.

1 Penawaran 3 Keuntungan


Berikan 3 keuntungan sekaligus dalam satu penawaran.

Orang biasanya menyukai produk yang menawarkan banyak manfaat dan kelebihan. Karena itu saat melakukan penawaran, pastikan anda memakai teknik 3 in 1.

Contohnya :

“Kalau sista pakai produk diet ini, sista akan terlihat lebih cantik, lebih sehat, dan pastinya lebih ramping.”

“Produk saya ini lebih mudah digunakan, nggak ribet, dan punya banyak fungsi sekaligus. Pokoknya anda wajib coba deh…”

“Kalau ibu beli hari ini, ibu akan dapat bonus spesial berupa voucher belanja, tas, dan akan diantar gratis ke rumah ibu. Ini cuma berlaku hari ini loh bu ?.”

Now Or Never


Ini tergolong teknik penawaran terbatas yang sudah dijelaskan diatas.

Teknik ini memaksa customer untuk melakukan pembelian saat itu juga dan menghilangkan kebiasaan menunda.

Seperti yang kita tahu bahwa customer itu suka menunda untuk melakukan pembelian.

Misalnya :

“Nanti saya pikir-pikir dulu ya”

“Besok aja deh”

“Nanti aja ya belum ada uang”

“Kapan-kapan aja ya”

Nah teknik now or never ini bisa memaksa customer untuk melakukan pembelian saat itu juga. Caranya dengan memberi penawaran terbatas berupa diskon, promo, bonus, dan hadiah.

Contoh :

“Ini adalah hari terakhir promo, besok harga naik”

“Beli hari ini dapat bonus spesial dari kami”

“Stok terbatas, kami tidak menjamin kalau besok barangnya ada, jadi ambil sekarang saja”

“Voucher diskon hanya berlaku hari ini, besok sudah hangus dan harga kembali normal”

Harga Coret



Teknik harga coret sudah lama dipakai dalam teknik Copywriting dan hasilnya memang memuaskan.

Dibandingkan harga biasa yang berupa angka, harga coret terlihat lebih emosional dan membuat customer tertarik.

Terlebih jika perbedaan harga asli dan harga coret cukup signifikan, tentu para customer akan kebelet untuk membelinya.

Axact

Alfusoftmedia Net Crew

Alfusoftmedia.net adalah Digital Online Comunity yang berfokus pada layanan Optimasi Online Website,SEO,SMO kualitas, inovasi, dan kecepatan.Alfusoftmedia.net juga memberikan pelatihan dalam berbagai hal Digital Online dalam bentuk workhsop yang bekerja sama dengan Lembaga maupun perusahaan terkait.Kontak Kami Phone WA 088801929889 Email : info[@]alfusoftmedia.net atau alfusoftmedianet[@]gmail.com Follow Sosmed Kita IG @alfusoftmedianet FB @alfusoftmedianet Twitter @alfusofmedianet Salam Sukses :)

Post A Comment:

0 comments: