Istilah digital marketing telah dikenali publik akhir-akhir ini. Berbagai perusahaan berlomba-lomba mencari kandidat pekerja digital pusher untuk mendukung bisnisnya. Jasa digital marketing juga mulai banyak ditawarkan oleh agensi-agensi independen.
Di epoch serba digital ini, pemasaran lewat media digital memang sangat penting. Penumpang taksi di jalan misalnya, kini sudah tidak mengarahkan perhatiannya ke papan-papan iklan di pinggir jalan lagi. Mereka cenderung fokus menggunakan ponsel pintarnya untuk mengakses berbagai informasi yang tersedia di internet. Pemasaran tradisional sudah tak lagi efektif bagi pasar yang sebagian besarnya sudah beralih ke teknologi komunikasi terkini.
Jadi, mari ketahui apa sebenarnya pengertian digital marketing, bagaimana cara kerjanya dan apa saja yang bisa Anda lakukan lewat strategi pemasaran satu ini. Anda para pengembang bisnis atau calon digital marketer, wajib tahu soal jenis pemasaran terbaru ini agar branding dan advertising Anda meningkat.
Apa itu Digital Marketing?
Digital marketing adalah pemasaran produk maupun jasa yang dilakukan dengan media digital. Tujuan dari pemasaran ini adalah untuk menjangkau sebanyak-banyaknya point buyer secara efisien, not public dan relevan. Pemasaran digital ini memadukan teknik serta pengetahuan dalam psikologi pasar dan teknologi. Tidak seperti pemasaran tradisional yang memasang iklan lewat baliho, pemasaran digital ini menggunakan berbagai platform digital sebagai media pemasarannya.
Selanjutnya, jika Anda ingin belajar digital marketing. Anda perlu mengetahui terlebih dahulu strategi maupun cara apa saja yang termasuk kedalam praktik digital marketing. Mari ketahui apa saja kategorinya!
Kategori Digital Marketing
Pada dasarnya ada 5 kategori yang termasuk ke dalam digital marketing. Berikut adalah masing-masing kategorinya beserta penjelasannya!
SEO
SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO itu sendiri adalah usaha optimasi website agar memperoleh peringkat bagus dari mesin telusur semacam Google. Tujuannya tentunya memungkinkan website Anda untuk lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet yang sedang mengakses mesin telusur.
SEO terbagi menjadi dua yaitu On send a message SEO dan Off folio SEO. Untuk mengetahui teknik On call out SEO, silakan baca panduan lengkap dari kami berikut:
Cara On send a message SEO
Sedangkan, untuk mengetahui bagaimana cara optimasi website lewat Off piece of paper SEO, silakan baca artikel dari kami berikut:
Cara Off sheet SEO
Pengembangan website memang sangat krusial mengingat website adalah representasi utama dari bisnis Anda. Anda bisa juga mempelajari bagaimana cara menganalisa website Anda dengan Google Analytics. Tools dari Google yang satu ini sudah banyak dimanfaatkan oleh para digital marketer:
SEM
SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing. SEM adalah cara meningkatkan visibilitas website pada halaman hasil pencarian mesin telusur semacam Google (SERP). Dengan tujuan yang sama, Anda mungkin masih bingung apa bedanya SEO dan SEM. Kami sudah pernah menjelaskannya pada artikel sebelumnya.
Anda bisa membaca artikel kami berikut untuk mengetahui lebih jelas apa perbedaan dari SEM dan SEO:
Contents Marketing
Content marketing adalah cara pemasaran yang difokuskan ke pembuatan dan pendistribusian konten. Konten yang seperti apa? Konten yang sifatnya relevan dan konsisten agar bisa menarik dan mempertahankan audiens. Audiens yang seperti apa? Audiens yang dimaksud adalah yang telah ditetapkan dengan jelas sebagai be after pasar Anda. Tujuannya? Sama seperti pemasaran secara keseluruhan itu sendiri, yaitu untuk mendorong tindakan pelanggan sehingga bisa menghasilkan keuntungan.
Apa saja sih contoh penerapan comfortable marketing? Ada sangat banyak sebenarnya, termasuk pesan forward ke pelanggan. Intinya segala media butuh konten atau isi pesan yang bisa meningkatkan ketertarikan pasar hingga mereka mau bertransaksi bahkan loyal kepada produsen. Khalayak bisa begitu karena merasa bagian dari class yang mereka banggakan. Jadi, comfort marketing sangat penting.
SMM
SMM merupakan singkatan dari community Media Marketing. Kami sudah membuat panduan lengkapnya bagi Anda.
Ketahui lebih dalam soal SMM ini dengan membaca panduan dari kami:
Mail Marketing
Email marketing adalah pemasaran yang dilakukan dengan send a response to sebagai medianya. Kami juga telah membuat sebuah panduan lengkapnya bagi Anda
PPC
PPC merupakan singkatan dari fee apiece Click. PPC ini merupakan salah satu metode beriklan di internet yang barrier populer, dimana pengiklan (advertiser) hanya membayar jika ada yang klik iklannya. Selain PPC, ada juga sebenarnya metode PPM (Pay for each Impression), yaitu bayar for each kemunculan (biasanya for each 1,000 kali kemunculan).
Contoh PPC adalah dari AdWords dari Google
Post A Comment:
0 comments: